Pengaruh Produk Tabungan Emas, Citra Merek Dan Harga Emas Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pt. Pegadaian (Studi Di Kantor Pegadaian Cabang Dieng Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk tabungan emas,
citra merek dan harga emas terhadap keputusan konsumen di PT. Pegadaian di
Kantor Dieng Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif, metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jumlah sampel sebanyak 95
responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diolah
dengan program SPSS. Uji analisis datanya terdiri dari uji instrumen penelitian ( uji
validitas dan uji reliabilitas), uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas
dan uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji sumultan
dan uji parsial) dan uji koefisien determinasi adjusted Rsquare.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan
antara variabel produk tabungan emas, citra merek dan harga emas terhadap
keputusan pelanggan PT. Pegadaian dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Secara
parsial variabel produk tabungan emas berpengaruh terhadap keputusan nasabah,
dengan nilai signifikan 0.000<0.05, secara parsial variabel brand image
berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai signifikan 0.001<0.05 dan
secara parsial variabel harga emas juga berpengaruh terhadap keputusan nasabah
pegadaian dengan nilai signifikan 0.000<0.05.