Pengaruh Kesadaran Halal, Kemudahan, Prospek Bisnis, dan Sikap Produsen Terhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal UMKM di kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara Kesadaran halal (X1), Kemudahan (X2), Prospek bisnis (X3), dan Sikap Produsen (X4) terhadap Kepatuhan Sertifikasi Halal (Y).Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah produsen UMKM di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 Responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan kesadaran halal, kemudahan, prospek bisnis dan sikap produsen memiliki pengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang. (2) secara parsial kesadaran halal, kemudahan dan prospek bisnis berpengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang. (3) Variabel sikap produsen tidak berpengaruh terhadap kepatuhan sertifikasi halal UMKM di Kota Malang.
Kata Kunci: Pengaruh Kesadaran Halal, Prospek Bisnis, dan Sikap Produsen