Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja di Pasar Tradisional (Studi pada Konsumen Pasar Tradisional Dinoyo Kota Malang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hasil dari pengaruh motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan berbelanja di pasar tradisional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pasar tradisional Dinoyo kota Malang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi, persepsi dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja secara simultan. Variabel motivasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berbelanja, persepsi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan berbelanja, dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan berbelanja di pasar tradisional pada konsumen pasar tradisional Dinoyo kota Malang.
Kata kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen dan Keputusan Berbelanja.