Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian pada Marketplace Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019Universitas Islam Malang)
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak perubahan signifikan yang membawa dampak positif bagi manusia. Salah satu perubahan kehidupan menjadi lebih mudah, sebab segala sesuatu dapat dilakukan melalui media sosial. Tiktok adalah salah satu platform media sosial dengan perkembangn tercepat di dunia di Tiktok pengguna dapat membuat video pendek berdurasi 15 detik dengan musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Tujuan penelitian ini untukmengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan iklan terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Marketplace Tiktok Shop. Jenis penelitian ini explanatory research dengan`metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang. Jumlah sampel yaitu 90 mahasiswa, teknik yang digunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan harga, kualitas produk dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk dan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk dan Iklan