Pengaruh Islamic Branding, Product Ingrendients dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk PT. HNI HPAI Kota Malang
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang cenderung menganggap bahwa semua produk yang beredar adalah produk halal. Salah satu kesulitan yang dihadapi konsumen Muslim di Indonesia adalah menemukan produk obat herbal dan halal. Selain itu, hal ini di dukung oleh konsumen Muslim yang saat ini semakin banyak mencari obat herbal dan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic branding, product ingredients dan promosi terhadap minat beli produk HNI-HPAI Di Kota Malang, populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Konsumen Produk HNI-HPAI pada Business Center I HPAI Kota Malang. sampel yang digunakan sebanyak 89 orang pengambilan sampel pada penelitian ini, menggunakan metode sampel jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS19. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukan bahwa variabel Islamic branding, product ingredients dan promosi secara persial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji F Islamic branding, product ingredients dan promosi secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat dilihat pada nilai Fhitung 52,146 > Ftabel 2,71 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh Rsquare sebesar 0,636. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen minat beli dapat dijelaskan oleh variabel independen Islamic branding, product ingredients dan promosi 63,6% sedangkan 36,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti.
Keywords: Islamic branding, product ingredients, promosi, minat beli, HNI HPAI.