Pengaruh Online Customer Review, Electronic Word Of Mouth, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Merchandise Lawless Jakarta (Studi Kasus pada Mahasiswa Kota Malang)
Abstract
Minat beli berkaitan langsung dengan perasaan dan sentimen konsumen, jika seorang konsumen merasa senang dan puas itu berarti bisa meningkatkan minat pembelian, sedangkan apabila konsumen merasa tidak puas ketika membeli suatu produk biasanya akan menghilangkan minat untuk membeli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh online customer review, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat beli merchandise Lawless Jakarta. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow yang berjumlah 96 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Metode analisis data yang digunakan yakni, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat beli merchandise Lawless Jakarta secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan. Pengaruh online customer review, electronic word of mouth, dan brand image terhadap minat beli merchandise Lawless Jakarta menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 39,6%.
Kata Kunci: Online Customer Review, Electronic Word of Mouth, Brand Image dan Minat Beli.