Pengaruh Nilai Belanja Hedonis dan Gaya Hidup Belanja Serta Gratis Ongkir Terhadap Pembelian Impulsif pada Pelanggan Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai belanja hedonis, gaya hidup belanja, dan gratis ongkir terhadap pembelian impulsif. Jenis penelitian adalah Explanatory Research dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam Malang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendapat maholtra sehingga diperoleh 80 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis terdiri dari uji simultan, uji parsial dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara simultan diperoleh hasil bahwa nilai belanja hedonis, gaya hidup belanja, dan gratis ongkir berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Secara parsial diperoleh hasil bahwa nilai belanja hedonis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif, gaya hidup belanja berpengaruh terhadap pembelian impulsif, dan gratis ongkir berpengaruh terhadap pembelian impulsif.
Kata Kunci : Nilai Belanja Hedonis, Gaya Hidup Belanja , Gratis Ongkir, Pembelian Impulsif