Pengaruh Sosial Media, City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Daerah Sumba Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosial media, city branding dan city imge terhadap keputusan berkunjung secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian eksplantori. Objek penelitian ini adalah wisata rumah adat praijing yang terletak di Sumba Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung rumah adat praijing. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dan ditentukan secara purposive sampling. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus Malhotra dan di peroleh jumlah sampel sebanyak 80 responden. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian inin adalah sosial media, city branding dan city image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan secara parsial sosial media berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, city branding berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan city image berpengaruh terhadap keputusan berkunjung.
Kata Kunci: sosial Media, City Branding,City Image,Keputusan Berkunjung