Pengaruh Lifestyle dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa FEB Unisma Pengguna Sepatu Converse
Abstract
Di Indonesia, sepatu Converse menduduki posisi tertinggi kategori sepatu sekolah dalam Top Brand Award. Sebuah brand yang menempati posisi teratas dapat dipastikan bahwa brand tersebut mempunyai image yang baik dimata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek mampu memediasi pengaruh gaya hidup dan kesadaran merek terhadap loyalitas merek pada pengguna sepatu Converse. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa FEB UNISMA dengan kategori pernah membeli sepatu Converse minimal dua kali. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis jalur, uji t, dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan Gaya Hidup dan Kesadaran Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek sepatu Converse melalui Citra Merek.
Kata Kunci: converse, gaya hidup, kesadaran merek, citra merek, loyalitas merek