Abstract:
Di tengah maraknya warung makan yang bermunculan di kota malang,
namun Ayam goreng nelongso masih bisa menjaga eksistensinya dalam menarik
konsumen untuk selalu berkunjung dan mengkonsumsi produknya. Sehingga hal
ini membuat peneliti ingin memahami lebih lanjut dalam menerapkan strategi
segmenting, targeting, dan positioning yang saat ingin dilakukan oleh ayam
goreng nelongso dalam mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh strategi segmenting,
targeting, dan positioning terhadap keputusan pembelian pada warung ayam
goreng nelongso di kota Malang secara simultan dan parsial. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Explanatory Research.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Ayam goreng nelongso. Dengan
sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah non probability sampling dengan metode pengambilan sampel secara
Purposive sampling. Menggunakan sumber data primer. Dengan metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Software
SPSS for windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Segmenting,
Targeting, dan Positioning secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian. (2) Segmenting, secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Targeting dan Positioning secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.