Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank BRI (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pamenang Jambi Tahun 2023)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank BRI. Jenis penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif. Rumus pengambilan sampel yang digunakan adalah Slovin dan diperoleh 100 nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Menggunakan (Uji F) untuk pengujian hipotesis secara simultan dan (Uji t) untuk pengujian secara parsial. Pada hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan berpengaruh signifikan secara silmutan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan, kepercayaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas Nasabah