Dampak Kebutuhan Sosial, Penghargaan, dan Kebutuhan Aktualisasi Diri terhadap Prestasi Belajar Anggota HMJM Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kebutuhan sosial, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri terhadap prestasi belajar anggota HMJM Universitas Islam Malang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner (angket). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data hasil dari kuisioner yang disebarkan kepada anggota HMJM Universitas Islam Malang dan sampel diambil menggunakan puposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sejumlah 64 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan social tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sedangkan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Kata Kunci : Kebutuhan Sosial, Penghargaan, Kebutuhan Aktualisasi Diri, Prestasi Belajar