Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Kedai Pesen Kopi di Kota Malang)
Abstract
Budaya minum kopi di Indonesia sudah berkembang sejak lama, sejak pertama kali sistem budidaya paksa digagas oleh pemerintah Belanda, pada awalnya minum kopi merupakan kebiasaan yang dipraktikkan oleh pemerintah Belanda, seiring dengan perkembangannya masyarakat Indonesia mulai gemar minum kopi. Studi ini bertujuan untuk menentukan efek langsung dari harga, promosi dan citra merek pada keputusan pembelian dan citra merek sebagai variabel intervensi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang-orang di Kota Malang yang masih berlangganan atau yang telah mengunjungi Toko Kopi Pesen di Kota Malang. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yang diambil dengan kriteria tertentu, yaitu 107 responden. Dengan menggunakan analisis jalur, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi memiliki efek langsung pada citra merek, harga tidak berpengaruh pada keputusan pembelian, promosi memiliki efek langsung pada keputusan dan variabel citra merek dapat menengahi harga dan promosi pada keputusan pembelian.
Kata kunci: Harga, Promosi, Citra Merek dan Keputusan Pembelian