Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Udang Tambak di Desa Kepuh Legundi

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadlan, Malik Fajar
dc.date.accessioned 2022-06-30T02:09:41Z
dc.date.available 2022-06-30T02:09:41Z
dc.date.issued 2021-12-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3873
dc.description.abstract Budidaya tambak udang khususnyua jenis Vaname tergolong jenis udang yang memiliki prospek usaha yang cukup baik untuk dikembangkan, disamping berpotensi untuk dikembangkan udang Vaname juga berpotensi sebagai komoditas ekpor udang yang mampu memberikan devisa negara dari hasil perikanan. Karena udang vaname merupakan jenis udang yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap lingkungan suhu yang rendah. Bahkan budidaya udang vaname hanya dengan menggunakan kolam terpal merupakan usaha yang sangat baik digunakan sebagai usaha budidaya yang nilainya keuntungan yang sangat fantastis. Oleh karena itu dengan pertimbangan ini menjadi alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul Strategi peningkatan produktivitas dan pendapatan petani udang tambak sebagai faktor penentu keberhasilan budidaya industri tambak. Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi paling tepat yang bisa digunakan oleh perusahaan melalui penganalisisan kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang di hadapi oleh Tambak Udang vaname CV.Arkhaq Putra di Kabupaten Gresik Provensi Jawa Timur. Hasil budidaya udang tambak Vaname hasil yang dipeoleh dari hasil Panen sebesar Rp.2.500.000,- Biaya Tetap sebsar Rp.28.000.000,- biaya tidak tetap Rp. 1.159.870,- Total biaya Rp. 1.187.870.000,- Pendapatan Rp. 1.312.130.000,- Dan melalui analisis SWOT maka hasil penelitian ini dapat dikatakan : Bahwa Dari hasil IFAS dan EFAS maka kekuatan yang dimiliki Tambak Udang CV. Arkhaq Putra kekuatan sebesar 19,94 sedangkan kelemahansebesar 5,7 jadi sel (kuadran) internal faktor yaitu 19,94 – 5,7 = 14,24 sedangkan peluang yang dimiliki strategi tersebut sebesar 17,08 dengan ancaman 10 jadi Sel (kuadran) eksternal faktor yaitu 17,08 – 10 = 7,08 yang berada pada Sel (kuadran) 1 pada diagram analisis SWOT. Dalam usaha ini menunjukan bahwa strategi pemasarannya adalah strategi agresif dengan menggunakan seluruh kekuatan dalam memanfaatkan peluang. Strategi ini dibuktikan berdasarkan usaha yang ada, yaitu dengan menggunakan seluruh kekuatan dalam memanfaatkan peluang. Strategi ini adalah strategi yang menguntungkan karena usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan dalam memajukan Tambak Udang CV. Arkhaq Putra. Matriks SWOT dilakukan dengan memasukkan seluruh point Strengh, Weakness, Opportunity dan Threats ke dalam matriks lalu membagikannya dalam empat usaha dengan mengalokasikan hasil dari perkalian bobot dan rating kedalam strategi SO, WO, ST, dan WT yang merupakan kombinasi dari semua kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi Usaha Tambak Udang CV. Arkhq Putra. Kata Kunci : Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Udang Tambak di Desa Kepuh Legundi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Udang Tambak di Desa Kepuh Legundi en_US
dc.title Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Udang Tambak di Desa Kepuh Legundi en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account