Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan usaha pada Toko Bunga Ibin Menganto di masa pandemi COVID-19 menggunakan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) yang bisa diterapkan pada pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke Toko Bunga Ibin Menganto untuk melakukan wawancara pribadi dengan pemilik Bapak Sudarmono. Dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Peneliti menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu Strategi, Kendala dan Solusi. Strategi yang diterapkan pada Toko Bunga Ibin Menganto yaitu Marketing Mix (Product, Promotion, Price, dan Place). Strategi Product berupa inovasi stek bugenvil,stek tengkorak, dan stek mawar. Strategi Price yaitu setiap pembelian buket mendapatkan bonus masker, dan Strategi Place suasana yang nyaman dan sejuk karena secara alami ditanami banyak pepohonan. Strategi Promotion berupa potongan harga, banner, media sosmed meskipun belum bisa diterapkan secara maksimal karena minimnya tingkat digital masyarakat. Kemudian, solusi usaha pada Toko Bunga Ibin Menganto dalam menghadapi COVID-19 adalah dengan menjaga cash flow, inovasi produk dan memaksimalkan media sosial
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Pandemi Covid-19