Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek MS Glow (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Salah satu keunggulan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah di industri kosmetik. Berbagai bisnis, terutama yang bergerak di industri kosmetik, tampaknya saling bersaing untuk memenuhi keinginan pelanggan seiring dengan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang. Menurut Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Usaha Kecil, Menengah, dan Lainnya Kementerian Perindustrian, industri kosmetik berkembang pesat pada 2020. Menurutnya, meski menghadapi tantangan pandemi, ekspor bisa mencapai USD317 juta (atau Rp4,44 triliun). pada semester 1-2020, meningkat 15,2 persen dari tahun sebelumnya. Pada acara "Marketeers Omni Brands of the Year 2021", MS Glow Beauty mendapatkan hadiah untuk pemasaran habis-habisan di beberapa saluran. Kesuksesan, menurut Shandy Purnamasari, pencipta dan pemilik MS Glow, tidak lepas dari kemampuan untuk mengenali peluang dan memanfaatkan momentum. Dengan dibukanya klinik MS Glow Aesthetic, para pencipta berusaha untuk meningkatkan popularitas produk perawatan kulit mereka dan menciptakan citra merek yang positif dan berkualitas tinggi. Distributor untuk MS Glow meliputi Agen, Reseller, dan Member. Sementara Reseller dan Member hanya dapat menjual barang secara online, Agen akan diberikan stok offline dalam jumlah besar dengan tujuan untuk mempermudah konsumen di kota masing-masing agen. Kita bisa melihat tren kosmetik saat ini di kalangan anak muda; mereka memiliki keinginan yang kuat akan kecantikan (good looking), sehingga ketersediaan barang kecantikan dapat membantu konsumen dalam melakukan pemilihan pembelian. Karena mahasiswa FEB banyak yang menggunakan produk MS Glow dalam studi pra-penelitian, peneliti tertarik dengan produk kecantikan MS Glow yang merupakan produk daerah Indonesia yang cukup sukses di pasaran. Sebagai hasilnya, kami menggunakan studi kasus mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.
Kata Kunci: Iklan, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian.