Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sudut Kelas VII SMP Islam Paiton
Abstract
Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus di kuasai siswa agar dapat memahami masalah, menyusun pemecahan masalah, memecahkan masalah dan meninjau kembali hasil dari suatu masalah matematika yang dihadapi. Aspek penting yang dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengambil kesimpulan yang akurat dengan menggunakan metode-metode berpikir secara stabil serta melakukan pertimbangan secara terus-menerus didasarkan pada kajian yang mendalam dan merefleksikannya sebagai pengambilan keputusan yang valid. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk mengungkapkan ide-ide baru dan mengkombinasikannya menjadi gambaran yang baru sehingga menciptakan solusi yang tidak biasa tetapi berguna.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas VII SMP Islam Paiton terhadap pemecahan masalah matematika pada materi sudut, 2) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Islam Paiton terhadap pemecahan masalah matematika pada materi sudut, dan 3) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Islam Paiton terhadap pemecahan masalah matematika pada materi sudut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Paiton Tahun Pelajaran 2020/2021. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 60,8%. Selanjutnya, ada pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 29,3%. Terakhir, ada pengaruh secara signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana besar pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 31,5%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Sudut.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Matematika
Julaeha, Siti; Mustangin; Fathani, Abdul Halim (University of Pahlawan Tuanku Tambusai, 2020-11)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika
Fahrudin, Nanang (Universitas Islam Malang, 2021-05-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah penting untuk diperhatikan. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik setelah belajar matematika. Tujuan pembelajaran ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Kemampuan Matematis Peserta Didik
Umami, Putri Arfini Izzah (Universitas Islam Malang, 2021-04-26)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh masing-masing peserta didik karena pada dasarnya peserta didik dituntut untuk berusaha sendiri dalam menemukan penyelesaian dari suatu masalah dengan ...