UT - Faculty of Islamic Studies: Recent submissions
Now showing items 581-600 of 1574
-
Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! sebagai Digital Game Based Learning pada Mata Pelajaran Fiqh di SMP Negeri 6 Singosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-31)Media Pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Karena dengan penggunaan media, peserta didik akan dapat lebih bisa menyerap dan memahami materi yang disampaikan didalam maupun diluar ... -
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Plus Fityaani Karangploso Kabupaten Malang)
(Universitas Islam Malang, 2022-07-28)Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh ketidak seimbangan interaksi siswa dan guru pada kegiatan pembelajaran sehinga guru di SMP Plus Fityaani memutuskan untuk menerapkan model pembelajaran group investigation. ... -
Peran Guru Akidah Akhlaq dan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa di Kelas VIII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-01-05)Penelitian ini membahas tentang peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa, dan bertujuan untuk mengetahui permasalahan kedisiplinan siswa, untuk mengetahui peran guru akidah ... -
Implementasi Tes Urine Bagi Calon Pengantin Menurut Maslahah Mursalah (Studi kasus Kantor Urusan Agama Prajurit Kulon Kota Mojokerto)
(Universitas Islam Malang, 2021-07-09)Skripsi ini merupakan hasil dari sebuah kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan dan mengacu kepada aturan tertentu untuk mencapai suatu tujuan kegiatan dengan judul “Implementasi Tes Urine Bagi Calon Pengantin Menurut ... -
Peran Pemerintah Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembinaan Moral Para Remaja di Desa Karangtengah Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pembentukan moral yang mulia adalah tujuan utama dalam pendidikan agama Islam. Selain itu, pendidikan agama Islam juga bertujuan membentuk kepribadian muslim dengan pola taqwa yaitu dengan mewujudkan pribadi yang baik ... -
Implementasi Pembelajaran Pemisah Kelas dalam Meningkatkan Produktivitas Belajar Antara Siswa Laki-Laki dan Siswi Perempuan pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Amin Mojokerto
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Sekolah merupakan lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karenanya setiap penduduk negara berhak memperoleh pendidikan sesuai kemampuannya. . Permasalahan pendidikan di Indonesia pada saat ini adalah ... -
Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Kualitas sekolah yang bersifat maju dan bermutu dapat dilihat dari tenaga pendidik sekolah, seperti: kepala sekolah, guru, staf-staf dan siswa yang lain. Menciptakan sekolah yang bagus diperlukan sesosok kepala sekolah ... -
Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Di Indonesia saat ini masih begitu banyak masalah-masalah yang belum terselesaikan. Khususnya dalam dunia Pendidikan, baik efektivitas maupun efisiensi Pendidikan itu sendiri. Adanya berbagai pengaruh negative dan perkembangan ... -
Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Bahrul Maghfiroh Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Menghafal Al-Qur’an merupakan proses untuk memelihara dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW diluar kepala agar tidak terjadi pemalsuan baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. ... -
Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Pacet Mojokerto
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Motivasi belajar ialah suatu bentuk dorongan atau penggerak semangat terhadap siswa dalam memotivasi belajar agar mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa agar proses belajar ... -
Peran Guru Aswaja dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Keaswajaan sebagai Upaya Strategi Deradikalisasi di MTSN 17 Jombang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-11)Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh adanya kelompok-kelompok sosial yang fanatik mengatasnamakan agama dalam kekerasan yang dilakukannya. Selain itu, tingginya penggunaan teknologi terutama di lingkungan ... -
Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pembentukan karakter sudah diterapkan dalam sistem pendidikan sekarang, akan tetapi masih banyak permasalahan yang menyebabkan lemahnya karakter posistif di dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah karakter disiplin, ... -
Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XI di MAN Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena kompetensi pedadodik guru di Indonesia. Terlebih lagi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran fiqh. Seringkali Guru PAI cenderung monoton dalam pengelolaan ... -
Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-07-05)Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah dilakukan oleh guru dengan beberapa metode yang klasik sebelumnya. Akan tetapi dengan perubahan ... -
Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di SMAI Al Ma’arif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pentingnya suatu sekolah memiliki prestasi belajar yang tinggi agar mampu bersaing dengan sekolah lain terutama sekolah Umum, prestasi siswa dapat mengukur tingkat keberhasilan siswa. sedangkan Kegiatan belajar di SMAI Al ... -
Strategi Peningkatan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Pesantren di Mts Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-01)Peran orang tua penting dalam mendidik anak khususnya karakter anak. Seiring dengan berkembangnya zaman, di Indonesia banyak permasalahan moralitas juga penyimpangan antara hasil pendidikan dengan perilaku menyimpang ... -
Komunikasi Interpersonal guru PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA BSS Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Dalam dunia Pendidikan akan selalu ada komunikasi antara guru dengan peserta didik. Baik secara interpersonal maupun tidak. Di awali dengan bersikap sopan, santun, ramah dan menghormati bapak ibu guru. Di SMA BSS Malang ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa di MTs Yayasan Mu’alimin Mu’alimat (YASMU) Manyar Gresik
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pengembangan bahan ajar berbasis pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dilatar belakangi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilaksanakan di MTs Yayasan Mu’alimin Mu’alimat (YASMU) Manyar ... -
Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Menggunakan Aplikasi Canva dan Wordwall Materi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia untuk Siswa Kelas XII SMA BSS Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan yakni memadukan modul dengan teknologi hingga menjadi e-book (elektronik book) seperti yang telah diterapkan di SMA Brawijaya Smart School Malang selama ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Mamba’ul Khoir Desa Parerejo Purwodadi Pasuruan)
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Pembelajaran merupakan proses belajar yang melibatkan interaksi antara guru dan juga peserta didik. peran guru dalam mendidik peserta didik tentunya harus bisa memiliki perhatian yang lebih pada pembelajaran dimasa pandemi ...