dc.description.abstract | Rike Diah Ayu Novia Ardani 2023, Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Customer Marketplace Di Universitas Muhammadiyah Malang Dan Universitas Islam Malang), Dosen Pembimbing I: Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk mengukur pengaruh variabel online customer review, online customer rating terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda serta menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 2,687 > t tabel 1,985. Variabel online customer rating terhadap keputusan pembelian secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 9,555 > t tabel 1,985. Dan variabel online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian secara simultan mendapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai F hitung 83,162 > 3,09. Bahwa dalam penelitian ini variabel online customer review dan online customer rating ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: online customer review, online customer rating, keputusan pembelian | en_US |