Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Customer Marketplace Shopee di Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang)
Abstract
Rike Diah Ayu Novia Ardani 2023, Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Customer Marketplace Di Universitas Muhammadiyah Malang Dan Universitas Islam Malang), Dosen Pembimbing I: Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk mengukur pengaruh variabel online customer review, online customer rating terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda serta menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 2,687 > t tabel 1,985. Variabel online customer rating terhadap keputusan pembelian secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 9,555 > t tabel 1,985. Dan variabel online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian secara simultan mendapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai F hitung 83,162 > 3,09. Bahwa dalam penelitian ini variabel online customer review dan online customer rating ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: online customer review, online customer rating, keputusan pembelian
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Online Customer Review, Online Customer Rating dan Positioning Serta Dampaknya Terhadap Customer Trust Produk Somethinc (Studi pada Pengguna Produk Somethinc di Kota Malang)
Silfiani, Venni Dwi (Universitas Islam Malang, 2022-01-14)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh online customer review, online customer rating dan positioning pada customer trust. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk Somethinc di ... -
Pengaruh Customer Experience, Customer Satisfaction dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang Pelanggan Mie Gacoan Dinoyo Malang)
Aowahilwa, Yulia Feby (Universitas Islam Malang, 2023-02-25)Di era modern ini banyak sekali kemajuan dalam dunia bisnis. Persaingan yang begitu ketat membuat setiap produsen terus mengembangkan usahanya untuk memenangkan persaingan. Salah satunya usaha kuliner di bidang mie yaitu ... -
The Effect of Service Quality And Relationship Marketing Towards Customer Loyalty for Sharia Banking (Sharia Banking Study in Makassar Indonesia)
Basalamah, Muhammad Ridwan; Moeljadi; Sunaryo; Sudjatno (EJ EconJournals, 2018)This research aims to empirically test and explain the effect of service quality and relationship marketing towards customer loyalty through the fairness (profit share) and customer satisfaction at Sharia General Bank ...