Pengaruh Ekuitas Merek, Kelompok Rujukan dan Preferensi Merek terhadap Keputusan Memilih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek, kelompok rujukan dan preferensi merek secara simultan dan parsial terhadap keputusan memilih program studi manajemen FEB Unisma. Populasi menggunakan mahasiswa manajemen FEB Unisma angkatan TA 18/19 & TA 19/20 yang diketahui jumlahnya tercatat pada pddikti sebanyak 6.412 mahasiswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin berjumlah 99 responden. Analisis menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih, asosiasi merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan memilih, kesan kualitas merek secara parsial terhadap keputusan memilih, loyalitas merek secara parsial terhadap keputusan memilih, kelompok rujukan secara parsial terhadap keputusan memilih, dan preferensi merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih. Secara simultan hasil penelitian ini kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas merek, loyalitas merek, kelompok rujukan dan preferensi merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih program studi manajemen FEB Unisma.
Kata Kunci : Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas Merek, Loyalitas Merek, Kelompok Rujukan, Preferensi Merek dan Keputusan Memilih
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Brand Awarness, dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus pada Konsumen Pembeli Produk Scarlett Whitening pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)
Nandiroh, Rista Sya’illatun (Universitas Islam Malang, 2023-02-14)Tujuan Penelitian Ini adalah : 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh asosiasi merek terhadap ekuitas merek, 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh loyalitas merek terhadap ekuitas merek, 3) untuk mengetahui ... -
Pengaruh Harga , Citra Merek & Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Pengguna SmartPhone Realme di Kabupaten Probolinggo)
Satria, Riski Bagus (Universitas Islam Malang, 2022-05-12)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen produk Smartphone Realme di kota probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan kali ini adalah ... -
Keputusan Pembelian Dipengaruhi oleh Kesadaran, Kualitas, Asosiasi dan Loyalitas Merek Melalui Kepercayaan Merek Kamera Sony Pada Komunitas Fotografi di Malang
farida, eka (IQTISHODUNA (Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam), 2020)Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh kesadaran, kualitas, asosiasi, dan loyalitas merek melalui kepercayaan merek. Jenis penelitian ini adalah hubungan ...