Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disiplin kerja, kompetensi, pelatihan kerja, produktivitas kerja dan menganalisis pengaruh disiplin kerja, kompetensi, pelatihan kerja terhadap produktivitas kerja guru tetap SMP Plus Corodova Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu guru tetap SMP Plus Cordova Banyuwangi yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Variabel disiplin kerja diukur dengan menggunakan enam indikator, kompetensi empat indikator, pelatihan kerja lima indikator, dan produktivitas kerja lima indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan disiplin kerja, kompetensi, pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Variabel kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Variabel pelatihan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru.
Kata kunci : disiplin kerja, kompetensi, pelatihan kerja, dan produktivitas kerja guru