Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Situs Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019 Unisma)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna situs e-commerce Shopee. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Manajemen Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 598 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel yang didapat sebanyak 86 responden. Pada penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket atau kuisioner dengan pengukuran menggunakan skala likert. Metode yang digunakan pada analisis ini yaitu uji instrumen: uji validitas dan uji reabilitas, uji normalitas, uji asimsi klasik: uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas, koefisien determinasi, uji hipotesis: uji F dan uji t.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu kualitas informasi, kualitas sistem dan layanan secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kualitas informasi secara parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas sistem dan layanan secara parsial tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Ini didasari dengan banyak pengguna yang mengirimkan pendapat melalui ulasan pada PlayStore.
Kata kunci : Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik (Sisfo) Unisma terhadap Kepuasan Mahasiswa (Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016)
Saniasah (Universitas Islam Malang, 2020-07-30)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan sistem informasi akademik (SISFO) UNISMA terhadap kepuasan mahasiswa baik secara simultan maupun secara parsial. ... -
Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Marketplace Situs Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang)
Ashshiddiqi, Mohammad Hasby (Universitas Islam Malang, 2023-05-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pengguna marketplace situs shopee. Penelitian ini menggunakan ... -
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Lawang Agung Malang Pusat Kurma dan Pusat Oleh-Oleh Haji/Umroh
Ariski, Elvi Yuli (Universitas Islam Malang, 2021-02-24)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan secara simultan atau parsial. Penelitian ini menggunakan 1000 untuk populasinya, ...