Pengaruh Brand Experience dan Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Dimediasi Oleh Brand Trust (Studi pada Konsumen Sepatu Merek Nike Kota Malang)
Abstract
“Industri fashion Indonesia berkembang sangat pesat. Berdasarkan hasil survei menunjukkan empat tahun berturut-turut dari 2018-2021 Adidas dan Nike selalu menjadi merek teratas. Selama Tiga tahun pertama, 2018-2020, Adidas selalu mendominasi pasar sepatu olahraga. Mencapai brand loyalty memang tidak mudah, namun butuh proses panjang untuk memastikan Nike menjadi merek sepatu terbaik. Sejak awal, Nike telah berhasil merebut kepercayaan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang selalu dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Konsumen pada akhirnya memiliki keterikatan akan merek. Dengan kata lain, konsumen akan menjadi loyal terhadap merek.
Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan populasi yakni konsumen Sepatu Nike kota Malang pada bulan November 2021 sampai dengan Juli 2022 dan sampel yakni 65 orang yang ditetapkan berdasarkan metode purposive sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan yakni kuisioner dengan metode analisis jalur path.
Dari uji yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Brand Experience berpengaruh langsung terhadap Brand Loyalty pada konsumen produk Sepatu Nike kota Malang. Perceived Quality berpengaruh langsung terhadap Brand Loyalty pada konsumen produk Sepatu Nike kota Malang. Brand Trust berpengaruh langsung terhadap Brand Loyalty pada konsumen produk Sepatu Nike kota Malang. Brand Experience berpengaruh tidak langsung terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust pada konsumen produk Sepatu Nike kota Malang. Perceived Quality berpengaruh tidak langsung terhadap Brand Loyalty melalui Brand Trust pada konsumen produk Sepatu Nike kota Malang.“
Kata Kunci: Brand Experience, Perceived Quality, Brand Loyalty, Brand Trust, Industri Fashion
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Pengguna Kartu XL Di Kota Malang)
Hasanah, Shafaratin Nurul (Universitas Islam Malang, 2022-03-19)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah pengguna kartu XL ... -
Pengaruh Brand Satisfaction, Brand Trust, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Wardah Cosmetic (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Malang)
Khofifah, Tamimatul (Universitas Islam Malang, 2022-02-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh brand satisfaction, brand trust, dan brand experience terhadap brand loyalty wardah cosmetic (studi pada konsumen kosmetik wardah di kota malang). ... -
Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Love Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Scarlett Whitening Di Kota Malang)
Kurniati (Universitas Islam Malang, 2023-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran brand love dalam pengaruh brand image dan brand awareness terhadap brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah pengguna Scarlett Whitening yang berada di Kota Malang. ...