UT - Islamic Education: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 1028
-
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 25 Malang. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang ... -
Pengaruh Self Regulated dan Self Confidence terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Pada Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Baureno
(Universitas Islam Malang, 2024-07-22)Kemajuan peradaban yang telah sampai di hadapan umat manusia hari ini, memerlukan keunggulan sumber daya manusia yang unggul dalam mencapai kemajuan. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang unggul diperlukanlah pendidikan ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-27)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa, mendeskripsikan penerapan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ... -
Implementasi Kurikulum Al-Azhar di Senior High School Thursina IIBS Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Pengenalan kurikulum Al-Azhar Kairo di Indonesia merupakan upaya untuk mengembangkan pendidikan yang lebih baik khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Adaptasi sistem dan kurikulum negara merupakan salah satu cara untuk ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Media Ular Tangga Kelas VII SMP Islam AlMaarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-08-02)Menurunnya semangat siswa dalam belajar dan penurunan dari sisi karakter siswa membuat Guru PAI memiliki tujuan untuk meningkatkan kembali semangat siswa dalam belajar terutama Pendidikan Agama Islam serta membentuk kembali ... -
Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Berkebinekaan Global di SMA Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-24)Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter berkebinekaan global di lembaga pendidikan, termasuk di SMA Negeri 2 Malang. Implementasi pendidikan agama Islam sebagai bagian integral dari kurikulum ... -
Pembentukan Sikap Moderasi Beragama di SMK Negeri 12 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-26)Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk sikap moderasi beragama di sekolah melalui nilai-nilai multikultural sebagai dasarnya sehingga ... -
Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Konteks penelitian ini yaitu mengenai pentingnya strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Pentingnya guru dalam menentukan strategi pembelajaran ... -
Model Pendidikan Karakter Al-Hikmah Wawasan Ummatik di Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Penelitian yang terkandung dalam skripsi ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan karakter Al-Hikmah Wawasan Ummatik yang diterapkan oleh Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia. Penelitian ini di latar belakangi ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMAN 1 Purwosari
(Universitas Islam Malang, 2024-08-06)Berdasarkan observasi awal, SMAN 1 Purwosari mulai menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun 2022 untuk kelas X dan XI, memberikan keleluasaan kepada guru dalam memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan siswa melalui pembelajaran ... -
Strategi Pembelajaran Kitab Safinatun Najah pada Siswa SMAN 7 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-29)Strategi pembelajaran adalah bagian penting dari perencanaan untuk mengelola proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses ini, banyak kendala yang mungkin muncul karena setiap anak unik dengan kelebihan, ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada Peserta Didik di Sekolah Negeri 24 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Berdasarkan observasi awal, bahwa konflik di SMPN 24 Malang antara peserta didik dari kelompok mayoritas dan minoritas yang sering disebabkan oleh intoleransi terhadap perbedaan agama dan latar belakang sosial. Dengan ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Multikultural pada Peserta Didik di SMA Negeri 4 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-06-24)SMA Negeri 4 Malang mememiliki keberagaman agama, ras, budaya, etnis pada peserta didiknya, yang menunjukkan sebagai unsur multikultural. Hal ini dapat mempengaruhi proses sosialisasi peserta didik baik diluar maupun saat ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan pada P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMAN 8 Malang
(2024-07-19)Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam mutu, efisiensi, dan efektivitas. Kurikulum merdeka di SMAN 8 Malang, dengan muatan P5, menekankan pada tema gaya hidup berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah ... -
Implementasi Strategi Problem Solving dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP As-Shodiq Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-04)Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, yang mempunyai tujuan lebih tinggi dari sekedar untuk hidup, sehingga manusia lebih terhormat dan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Bangkalan
(Universitas Islam Malang, 2024-08-03)Menurunnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, serta pengetahuan siswa tentang agama islam membuat guru PAI memiliki tujuan yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar tentang agama islam, dan membentuk ... -
Pemikiran Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari tentang Etika Guru dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru (Kajian Kitab Adab al Alim wa al Muta’allim)
(Universitas Islam Malang, 2024-08-07)Kajian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dan relevansinya dengan kode etik guru Indonesia. Penelitian ini di latar belakangi karena adanya beberapa kasus tentang ... -
Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTs Darunnajah Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Problematika terbesar yang harus diperhatikan dalam pendidikan di Indonesia saat ini yaitu masih rendahnya sistem, mutu, biaya, serta kualitas pendidikan. Hasil observasi yang telah dilakukan peneliti keika melaksanakan ... -
Implementasi Nilai - Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-15)Sikap moderat menjadi salah satu karakter yang dikembangkan dalam Pendidikan Agama Islam. Sentuhan Pendidikan Agama Islam dalam konteks pembentukan karakter sangat kuat dan strategis. Pendidikan Agama Islam yang berisikan ... -
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba Siswa di SMP 22 Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-12-15)Dampak negatif penyalahgunaan narkoba mempunyai akibat yang besar terhadap perkembangan negara di masa depan. Untuk itu perlu dilakukan Upaya menanggulangi kasus tersebut, terutama dengan melalui Pendidikan di sekolah, ...