UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 41-60 of 235
-
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Materi Peluang Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-24)Matematika merupakan ilmu dari segala ilmu pengetahuan. Oleh karenanya matematika sangat penting untuk dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun matematika memiliki peran yang sangat penting, akan tetapi banyak ... -
Penerapan Model Pembelajaran CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Islamiyah Bawean Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil ... -
Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VII Mts Nurul Huda Malang pada Materi Aritmetika Sosial
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan harus diutamakan, hal ini sudah sesuai dengan UUD 1945 pada alinea ke empat, di indonesia sendiri tujuan dari adanya pendidikan salah satunya adalah untuk mengasilkan sumber ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi dan Literasi Numerasi Matematis Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal (AKM) Ditinjau dari Self Regulated Learning
(Universitas Islam Malang, 2023-08-22)Dalam pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dibutuhkan dengan metode asesment terbaru yaitu Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi). ... -
Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal
(Universitas Islam Malang, 2023-08-15)Kemampuan komunikasi matematis peserta didik dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah proses pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena salah satu unsur dari matematika adalah ... -
Perbedaan Tingkat Kreativitas dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Model Pembelajaran Ceramah pada Materi Transformasi Bangun Datar Matematika Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas dan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu disebabkan oleh kecenderungan peserta didik yang pasif selama proses ... -
Pengembangan E-LKPD Berbasis Pemecahan masalah Menggunakan Liveworksheet Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Kelas IX
(Universitas Islam Malang, 2023-08-24)Kegiatan Pembelajaran selalu berkaitan dengan proses belajar mengajar. Pada proses pembelajaran terdapat beberapa unsur penting yang dibutuhkan salah satunya adalah media pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII MTs Diponegoro Tumpang
(Universitas Islam Malang, 2023-08-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru mata pelajaran matematika MTs ... -
Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP Sunan Giri Malang Materi Bangun Ruang Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-07-22)Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi singkat yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VII SMP Sunan Giri Malang, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan ... -
Penerapan Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII-I MTs Shirothul Fuqoha’ Gondanglegi pada Materi Segiempat
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII-I MTs Shirothul Fuqoha’ Gondanglegi menyebabkan peserta didik merasa kesulitan menggunakan konsep sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal cerita. Salah satu ... -
Penerapan Pembelajaran Concept attainment Model untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Hidayah Pada Materi Segiempat
(Universitas Islam Malang, 2023-07-25)Masalah yang ditemui yaitu kurangnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VII-G Karangploso. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi awal bahwa dari 22 peserta didik hanya 10 peserta didik yang bisa menyatakan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP
(Universitas Islam Malang, 2023-07-25)Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat siswa tidak cepat jenuh dalam belajar dan memudahkan siswa dalam memvisualisasikan materi yang masih terkesan abstrak, misalnya dalam pembelajaran matematika. Pada ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Turunan di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-07-27)Dalam pembelajaran matematika, siswa dalam belajar matematika dapat dilihat dari tiga aspek, sebagai berikut. pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Pemahaman konsep matematis siswa menjadi ... -
Penerapan Model Pembelajaran Knisley (MPMK) pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas IX B di MTS Al Hidayah Karangploso Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-07-20)Sebagian siswa masih kesulitan untuk memahami konsep matematika dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, padahal pemahaman konsep sangat diperlukan untuk dasar pemahaman lainnya, mengajak siswa aktif ... -
Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTsN Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-16)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan minat peserta didik terhadap matematika masih kurang, ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik pada Materi Segiempat Kelas VII MTs Nurul Huda Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting dalam membuat suatu keputusan. Selain kemampuan berpikir kritis peserta didik juga harus yakin terhadap dirinya sendiri. Secara tidak ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Penyelesaian Soal Cerita Trigonometri Ditinjau dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas XI AKL SMK Muhammadiyah 2 Pagak
(Universitas Islam Malang, 2023-07-25)Kemampuan koneksi matematis diperlukan siswa dalam mempelajari topik matematika yang tidak saling terpisah antara satu dengan yang lainnya serta topik-topik yang ada diluar matematika. Kemampuan koneksi matematis perlu ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Belajar Materi Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas VII di MTs Wahid Hasyim 2 Dau
(Universitas Islam Malang, 2023-05-22)Pada proses pembelajaran matematika diperlukan kemampuan berpikir kritis. Selain kemampuan berpikir kritis gaya belajar juga mempengaruhi peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Terdapat tiga jenis gaya belajar ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kelas X SMAN 9 Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-07-15)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis serta kecerdasan logis matematis siswa saat ini. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan hal ... -
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis iSpring untuk Melatih Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII SMP/MTS
(Universitas Islam Malang, 2023-07-18)Perkembangan teknologi yang semakin pesat, pendidikan menjadikan sumber media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Dimasa pandemi covid-19 pemilihan pengembangan bahan ajar yang inovatif dan kreatif, ...