UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 235
-
Pelevelan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Malang dalam Menyelesaikan Masalah Statistika
(Universitas Islam Malang, 2023-07-28)Mathematical communication is the ability to convey mathematical ideas both orally and in writing. There are 4 indicators of mathematical communication skills, namely 1) representing real objects in the form of language, ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen
(Universitas Islam Malang, 2023-07-15)Penalaran dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan dalam setiap menyelesaikan soal pola bilangan. Kemampuan penalaran matematis peserta didik dapat diketahui apabila mencakup ... -
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Tahun Pelajaran 2022-2023
(Universitas Islam Malang, 2023-07-12)Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kehidupan, sehingga diberikan kepada peserta didik mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Salah satu permasalahan yang dihadapi pada proses ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gender dalam Materi Kubus Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Hasan
(Universitas Islam Malang, 2023-06-24)Dalam pembelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik sangatlah dibutuhkan karena merupakan tujuan umum atau salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, namun kemampuan pemecahan ... -
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 3 Karangan Trenggalek
(Universitas Islam Malang, 2023-06-24)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Karangan disebabkan oleh kecenderungan peserta didik yang pasif ... -
Pelevelan Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Metacognitive Awareness pada Materi SPLDV Peserta Didik Kelas X SMK Mahardika Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2023-07-15)Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif memiliki tingkat yang berbeda-beda dan terdapat level atau tingkatan. Materi sistem persamaan linier dua ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender
(Universitas Islam Malang, 2023-06-26)Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masing-masing siswa karena pada dasarnya siswa dituntut untuk berpikir segara logis dalam meyelesaikan permasalahan matematis. Dalam ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Kepercayaan diri Siswa pada Materi Aritmetika Sosisal Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir logis pada peserta didik yang diberi dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran blended learning pada materi aritmetika ... -
Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memahami Materi SPLDV Berdasarkan Gaya Belajar
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan representasi matematis siswa yang ditinjau berdasarkan gaya belajar perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika dan siswa kelas ... -
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs TMI Pujon Materi Relasi dan Fungsi Berdasarkan Teori APOS
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Dalam pembelajaran matematika, pemahaman akan adanya konsep pada setiap materi yang diajarkan merupakan kunci yang paling utama. Hal itu terjadi karena konsep yang terdapat pada pembelajaran matematika akan terus berkaitan ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Disposisi Matematis pada Materi Program Linear Kelas XI MIPA 1 SMA Islam NU Pujon Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-02-21)Kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis dibutuhkan peserta didik untuk memecahkan suatu permasalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis digunakan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing dan Intuition
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Berpikir kreatif memungkinkan peserta didik untuk memecahkan masalah dengan menemukan jawaban yang bervariasi dan mampu melihat masalah dari sudut yang berbeda. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kreatif ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik Verbal pada Materi SPLDV di Kelas X SMA Hasan Munahir Trenggalek
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan untuk menarik suatu kesimpulan dalam suatu argumen dengan cara menganalisis, menggeneralisasi, mensintesis/ mengintegrasikan, memberikan alasan yang tepat untuk memahami ... -
Analisis Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik Verbal
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan gagasan atau ide matematis, baik secara lisan maupun tulisan serta kemampuan memahami dan menerima gagasan atau ide matematis orang lain secara cermat, analitis, ... -
Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Bantarkawung dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis dan Gaya Kognitif
(Universitas Islam Malang, 2023-01-25)Proses pembelajaran di SMAN 1 Bantarkawung, Brebes, belum menerapkan literasi matematika sehingga pengaplikasian matematika pada bidang lain di kehidupan nyata masih sangat minim. Hal ini dijelaskan oleh Bapak Gilang selaku ... -
Peningkatan Keaktifan dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARCS dan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Materi Segi Empat di SMP PGRI 01 Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-01-20)Berdasarkan hasil waawancara yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII di SMP PGRI 01 Batu, guru matematika mengatakan banyak peserta didik yang cenderung pasif di kelas dan hanya beberapa ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
(Universitas Islam Malang, 2022-11-26)Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan suatu kecakapan berpikir dalam ilmu matematika secara efektif yang bisa membantu individu untuk mewujudkan, menilai, dan juga mengambil keputusan tentang apa yang diyakini atau ... -
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Jembrana
(Universitas Islam Malang, 2022-11-26)Dalam Pembelajaran matematika, kecerdasan logis-matematis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi numerasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan ... -
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Quiz Mendukung Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2023-01-20)Dalam pembelajaran matematika, pemilihan media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap pendidik matematika dan peserta didik di dua sekolah, yaitu SMP Negeri 24 Malang dan SMP Negeri ... -
Pengembangan Video Matematika Berbasis Etnomatematika di Kabupaten Malang Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas IX
(Universitas Islam Malang, 2022-11-26)Dalam pembelajaran matematika, pemilihan bahan ajar atau media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matematika dan peserta didik di dua sekolah, yaitu MTs Negeri 2 Malang ...