UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 235
-
Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX MTs Ma’arif NU Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas IX MTs Ma’arif NU Kota Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemahaman peserta didik terhadap ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Materi SPLDV Peserta Didik Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tepatnya pada tingkat dasar dan menengah menjadi permasalahan besar bagi pendidikan saat ini. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMP Negeri 3 Karangan, menunjukkan bahwa ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Statistika di SMK Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Salah satu dari standar kemampuan dasar matematika yang ditetapkan NCTM yaitu kemampuan koneksi matematis. Masih terdapat sekitar 50% peserta didik kelas XI PHT 2 SMKN 2 Malang mengalami kesulitan dalam mengkoneksikan ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Think Talk Write Berbasis Literasi Digital pada Materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Keberhasilnya pembelajaran di kelas adalah perencanaan perangkat pembelajaran yang matang yang dibuat oleh guru sebelum proses pembelajaran dimulai, selain itu perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan harus sesuai ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Induksi Matematika Kelas XI SMA
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil pengembangan dan hasil uji coba produk. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahap ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Flipped Classroom pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Peserta Didik Kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo
(Universitas Islam Malang, 2024-02-26)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII masih rendah. ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Window Shopping Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Peluang guna Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Ulum Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap penelitian yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas VIII di SMP Islam Pakis yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika, terutama dalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut disebabkan oleh kurang ... -
Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search-Solve-Create-Share) untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 8 SMP Negeri 25 Malang pada Materi Statistika
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya secara lisan atau tertulis tentang apa yang mereka kerjakan pada matematika. Kemampuan komunikasi matematis menjadi ... -
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Hots pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII di MTs Nasruddin Dampit. Hal ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Literasi Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Negeri Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi matematis dan kemampuan komunikasi ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Materi Peluang Kelas VIII SMP KH.A. THOHIR TUMPANG
(Universitas Islam Malang, 2023-07-24)Berdasarkan observasi yang peneliti dilakukan di kelas VIII B SMP KH. A. Thohir Tumpang, dan guru matematika menyatakan bahwa proses pembelajaran matematika masih banyak berfokus pada aktivitas guru. Hal itu dapat diamati ... -
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII-D SMPN 13 Malang Tahun Pelajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-12)Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas VII-D SMPN 13 Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa. Salah satu faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah guru belum ... -
Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Malang Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-24)Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa sehingga, kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan dari proses pembelajaran matematika di sekolah. Pada ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 03 Kota Malang Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan karena ada berbagai macam manfaat saat belajar matematika. Dalam pembelajaran matematika, siswa tidak hanya dituntut memahami materi yang diajarkan, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Keaktifan Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII B MTs Al Hidayah Karangploso Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Matematika adalah suatu mata pelajaran yang memiliki kedudukan yang sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang telah dilaksanakan peneliti, diperoleh ... -
Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media Video terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kotaanyar pada Materi Aritmetika Sosial
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Pada saat pembelajaran berlangsung hanya ada 8 peserta didik dari 28 peserta didik yang memperhatikan dan turut berperan dalam pembelajaran ... -
Penerapan Problem Based Learning Berbasis Outdoor Learning pada Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Hasil observasi pendahuluan yang diperoleh peneliti melalui pemberian tes pratindakan dan wawancara guru matematika kelas VIII-C MTs Al-Hidayah Karangploso terdapat gambaran terkait tingkat penalaran dan koneksi matematis ... -
Pengaruh Strategi Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis pada Materi Peluang
(Universitas Islam Malang, 2023-08-16)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum mampu untuk menyatakan sebuah konsep matematika dan kurang adanya kepercayaan diri siswa atas kemampuannya. Hal ini dikarenakan rendahnya kemampuan ...