DT - Multicultural Islamic Education: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 59
-
Pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Upaya Penyelesaian Kenakalan Santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo dan Al-Qodiri Jember
(Universitas Islam Malang, 2022-08-26)Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki karakteritik multikultural. Paran santri yang belajar dipesantren pada umumnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan negara lain dengan beragam suku, ... -
Toleransi Dalam Keluarga Multi Agama (Kajian Pendidikan Islam Multikultural di Desa Laban Menganti Gresik)
(Universitas Islam Malang, 2022-02-22)Desa Laban adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Menganti, kabupaten Gresik. Masyarakat di desa ini merupakan masyarakat multikultural, karena masyarakatnya terdiri dari berbagai macam pemeluk agama yang terdiri ... -
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Antartika Sidoarjo Dan Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama 1 Gresik Jawa Timur
(Universitas Islam Malang, 2021-11-24)Tujuan disertasi ini adalah untuk 1) mengetahui komponen pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural di SMA Antartika Sidoarjo dan SMA NU 1 Gresik, 2) memahami proses pembelajaran agama Islam yang ... -
embelajaran Progresif-Multikultural Fiqh dan Ushul Fiqh di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Situbondo
(Universitas Islam Malang, 2021-08-19)Gelombang pembaruan pemikiran telah lama bergemuruh di Indonesia. Pusat gerakan mereka adalah di kampus-kampus. Di kehidupan kampus inilah bersemai pemikiran-pemikiran kritis dan filosofis. Dari rahim kampus ini pula lahir ... -
Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Etnografi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Ngoro Kabupaten Jombang)
(Universitas Islam Malang, 2021-04-20)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI. Proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses ... -
Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural di Keluarga, Masyarakat dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni Masyarakat Balun Turi Lamongan
(Universitas Islam Malang, 2021-02-26)Perbedaan etnis, ras, suku, bahasa dan agama adalah sesuatu keniscayaan yang bisa menjadi anugrah bila mampu dirawayat dengan baik, dan bisa menjadi musibah bila tidak mampu merawatnya. Masyarakat Balun yang harmonis adalah ... -
Perilaku Tasamuh Perspektif Pendidikan Islam Multikultural di Lembaga Bahtsul Masail Nahdlaul Ulama Jawa Timur
(Universitas Islam Malang, 2021-01-22)Tasamuh adalah bagian dari sikap terpuji dalam pergaulan, saling menghargai dan menghormati, dan toleransi antara satu dengan yang lainnya mulai dari pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, maupun keyakinan. ... -
Akulturasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam ke Dalam Budaya Lokal di Desa Ngadas Poncokusumo Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-07-23)Secara normatif-teologis, Islam sebagai agama rahmatan lil’âlamîn, mengajarkan pesan-pesan cinta kasih, kerukunan, kebersamaan, tolong menolong, keadilan, kesetaraan, keterbukaan, dan kedamaian. Namun secara sosiologis, kadang ... -
Penanaman Karakter Hubbul Wathon melalui Integrasi Nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Kearifan Madrasah berbasis Pesantren; Studi di MA Nurul Huda Pakandangan Sumenep dan MA Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan
(Universitas Islam Malang, 2021-06-16)Madrasah merupakan satuan pendidikan nasional yang memiliki peran penting dalam pendidikan karakter Hubbul Wathon. Madrasah berbasis pesantren menjadi model yang khas Nusantara. Model integrasi lembaga pendidikan tersebut ... -
Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural Dalam Budaya Lokal Masyarakat Tengger (Sudy Etnografi di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggi Tahun 2021)
(Universitas Islam Malang, 2021-03-14)Tengger merupakan salah satu suku di Indonesia yang terkenal dengan keragamannya. Sebagian besar orang Tengger memisahkan konsep dan pelaksanaan ritual agama dan adat, namun dalam beberapa kategori dan praktik tertentu ... -
Dialektika Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Kontruksi Budaya Panganten Masyarakat Bawean Desa Telukjatidawang Tambak Gresik Jawa Timur
(Universitas Islam Malang, 2021-05-25)Penelitian ini, bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu: Bagaimana proses serta kontruksi budaya panganten dalam masyarakat Bawean Telukjatidawang Tambak? Bagaimana tipologi masyarakat Bawean ... -
Mewujudkan Nilai-nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural (Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan)
(Universitas Islam Malang, 2021-07-16)Sekolah Menengah Atas Sultan Iskandar Muda kota Medan di bawah naungan Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda yang terletak di jalan Tengku Amir Hamzah Pekan I Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kotamadya Medan. Sekolah ... -
Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Membangun Toleransi Kehidupan Beragama Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan
(Universitas Islam Malang, 2021-07-12)Penelitian tentang kepemimpinan pendidikan Islam dalam membangun toleransi kehidupan beragama di desa Balun penting untuk dilakukan. Karena keberagaman di masyarakat dapat menjadi berkah, namun dapat juga menjadi musibah, ... -
Enkulturasi Nilai-Nilai Toleransi Berbasis Pendidikan Islam Multikultural dalam Masyarakat Plural
(Universitas Islam Malang, 2021-07-01)Desa Klepu merupakan sebuah desa dengan penduduk plural dimana penduduknya sebagian beragama Katholik dan sebagian lagi beragama Islam, 1.728 jumlah pendudukanya beragama Islam dan 1.029 beragama Katholik dan selebihnya yakni ... -
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural di Perguruan Tinggi Studi Fenomenologis di Universitas Merdeka Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-05-29)Indonesia adalah negara Bhineka Tunggal Ika, masyarakatnya multikultur, multi etnis, di satu sisi merupakan salah satu modal pembangunan dan disisi lain juga peluang munculnya konflik. Perguruan tinggi adalah salah satu ... -
Membangun Sikap Multikultural Melalui Sistem Komunikasi Nilai-Nilai Pesantren (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan dan Pondok Pesantren Al-Hasani Al-Latifi Kauman Bondowoso)
(Universitas Islam Malang, 2021-03-02)Pondok Pesantren Al Ishlah dan Pondok Pesantren Al Hasani Al Latifi merupakan pesantren yang memiliki basis multikultural serta nilai pesantren yang mampu membentuk sikap multikultural bagi para santri. Membangun sikap ... -
Implementasi Nilai Nilai Pendidikan Islam Multikultural (Studi Multisitus tentang Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember dan Sekolah Dasar Katolik Santo Yusuf Sukoreno)
(Universitas Islam Malang, 2021-04-22)Lembaga pendidikan yang memiliki keragaman kultur, budaya dan agama, seperti SD Pelita Hati Jember dan SDK ST Yusuf Sukoreno, bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan anugerah dan peluang ... -
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Menguatkan Perilaku Toleran pada Masyarakat Ngepeh Rejoagung Ngoro Jombang
(Universitas Islam Malang, 2021-04-22)Dusun Ngepeh merupakan salah satu dusun di desa Rejoagung kecamatan Ngoro kabupaten Jombang. Pada dusun ini terdapat tiga penganut agama yang berbeda yaitu penganut agama Islam, Kristen dan Hindu. Meskipun berbeda agama ... -
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Smk Negeri 1 Balikpapan Dan Sma Patra Dharma Balikpapan
(Universitas Islam Malang, 2021-01-12)Struktur masyarakat kota Balikpapan yang beragam berkonsekuensi terhadap institusi pendidikan di wilayah kota ini. Begitupula keragaman yang terjadi di SMK Negeri 1 Balikpapan dan SMA Patra Dharma Balikpapan, bertalian ... -
Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Pada Komunitas Syiah Sampang Di Jemundo Sidoarjo
(Universitas Islam Malang, 2021-05-25)Penelitian ini membahas tentang konstruksi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada komunitas pengungsi Syiah Sampang di Jemundo Sidoarjo. Komunitas ini unik dan menarik setidaknya atas dua hal. Pertama, ...