Browsing UT - Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 598-617 of 960
-
Pengaruh Gaya Belajar VAK (Visual, Audio, Kinestetik) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTs Darul Karomah Singosari.
(Universitas Islam Malang, 2020-07-09)Gaya belajar merupakan suatu cara yang cenderung dipilih oleh peserta didik untuk memudahkan peserta didik menerima suatu informasi atau stimulus dari lingkungannya yang kemudian informasi tersebut diproses agar ... -
Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Pakis Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Matematika merupakan suatu ilmu yang dipelajari pada cabang ilmu lainnya. Maka dari itu matematika berperan penting untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik perlu adanya ... -
Pengaruh Kemampuan Afeksi terhadap Keterampilan Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi Siswa Kelas VII MTS Bustanul Ulum Malang
(Universitas Islam Malang, 2020-08-06)Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana pengaruh kemampuan afeksi terhadap keterampilan membaca fiksi dan nonfiksi. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kemampuan afeksi ... -
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sudut Kelas VII SMP Islam Paiton
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus di kuasai siswa agar dapat memahami masalah, menyusun pemecahan masalah, memecahkan masalah dan meninjau kembali hasil dari suatu masalah matematika yang dihadapi. ... -
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X SMAN 2 Trenggalek
(Universitas Islam Malang, 2020-10-05)Kemampuan berpikir kritis dan metakognitif menentukan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu implementasi dari ... -
Pengaruh Kemampuan Representasi dan Penalaran Siswa terhadap Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sudut Kelas VII MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pemecahan masalah matematis adalah proses berpikir untuk melakukan penyelesaian matematis dengan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki melalui tahap-tahap penyelesaian masalah matematika.Aspek penting ... -
Pengaruh Kesadaran Ekologi Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Al Ittihad
(Universitas Islam Malang, 2021-08-24)Tujuan dari penelitian ini yakni 1) Mendeskripsikan pengaruh kesadaran ekologi terhadap kemampuan membaca cerita pendek pada siswa kelas X MA Al Ittihad. 2) Mendeskripsikan pengaruh kesadaran ekologi terhadap kemampuan ... -
Pengaruh Minat Membaca dan Menulis Sastra terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2021/2022
(Universitas Islam Malang, 2022-06-14)Pembelajaran bahasa Indonesia tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kompetensi yang harus dipelajari SMA ... -
Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTsN Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-16)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan minat peserta didik terhadap matematika masih kurang, ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Kepercayaan diri Siswa pada Materi Aritmetika Sosisal Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik
(Universitas Islam Malang, 2023-02-17)Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir logis pada peserta didik yang diberi dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran blended learning pada materi aritmetika ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Matematika pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika karena kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk lebih membantu peserta didik memahami materi yang akan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Berbasis Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 18 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Tingkat Pemahaman Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang motivasi belajar dan tingkat pemahaman peserta didik hal ini kurangnya minat peserta didik dalam belajar matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlunya pembaharuan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Fun Mathematic Learning terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2021-07-23)Pembelajaran matematika disekolah masih berpusat kepada guru atau teacher center learning yang membuat siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga peneliti melakukan penelitian eksperimen untuk ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif SFAE (Student Facilitator and Explaining) terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pokok Bahasan Segiempat Peserta Didik Kelas VII MTs Mambaul Falah Tahun Ajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2022-08-24)Para ahli menilai bahwa pendidikan matematika di Indonesia masih kurang maksimal. Indonesia ditempatkan pada peringkat 45 dari 50 negara oleh TIMSS pada 2015 dan dari 70 negara Indonesia berada diperingkat 63 menurut PISA ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-12-06)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas VIII di SMP Islam Pakis yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika, terutama dalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut disebabkan oleh kurang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Literasi Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Negeri Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-08-11)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya literasi matematis dan kemampuan komunikasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII Materi Peluang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi atau komunikasi antara pendidik dan peserta didik serta lingkungan belajar, agar peserta didik memperoleh kemampuan dalam bidang matematika. Kemampuan dalam bidang matematika ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Menggunakan Media Quizizz terhadap Kemamampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan minat belajar matematika yang rendah. Faktor tersebut didukung oleh hasil PISA tahun 2018 yang menunjukkan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Berdasarkan Gender pada Materi Barisan Aritmetika di SMK IT Asy-Syadzili Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-02-20)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini didasari dengan adanya kelas di SMK IT Asy-Syadzili Malang yang dibedakan ...