UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 81-100 of 235
-
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik MAN 01 ALOR dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Linguistik Verbal
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah dengan menggali informasi serta data yang relevan. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan dalam menyelesaikan ... -
Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert
(Universitas Islam Malang, 2023-01-20)Kemampuan literasi matematika perlu dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan mengembangkan kemampuan literasi matematika, peserta didik lebih mudah memecahkan masalah sehari-hari berdasarkan metode matematis yang beragam. ... -
Karakterisasi Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Koordinat Kartesius Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Bayt Al-Hikmah Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan bagian penting dalam belajar matematika yang harus dikuasai. Keberhasilan peserta didik dalam mempelajari matematika dapat dilihat dari penguasaan peserta didik terhadap ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
(Universitas Islam Malang, 2023-01-20)Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan menganalisis, menggeneralisasi, mengintegrasi, dan memberikan alasan yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang tidak rutin. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan ... -
Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Pakis Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Matematika merupakan suatu ilmu yang dipelajari pada cabang ilmu lainnya. Maka dari itu matematika berperan penting untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik perlu adanya ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematika Ditinjau Berdasarkan Self Effiacy pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII M.Ts. Al-Faqih Pakis
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Dimana peserta didik mampu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan ... -
Pengaruh Resiliensi Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik
(Universitas Islam Malang, 2023-01-14)Pembelajaran matematika sering dikaitkan dengan konsep-konsep abstrak. Materi disajikan secara kontekstual supaya peserta didik dapat menemukan konsep serta solusi melalui pengalaman atau pengetahuannya. Guna menunjang hal ... -
Analisis Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif pada Materi Fungsi Kelas VII SMP Negeri 2 Anjatan Kabupaten Indramayu
(Universitas Islam Malang, 2022-10-14)Kemampuan berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis akan mudah menyelesaikan persoalan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 5 Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2022-10-12)Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Setiap peserta didik memiliki cara yang berbeda ... -
Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik
(Universitas Islam Malang, 2022-12-24)Proses pembelajaran di SMP Sunan Ampel, Menganti, Gresik, belum diarahkan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil pretest kemampuan berpikir kritis peserta didik ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kademangan
(Universitas Islam Malang, 2022-12-24)Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat membantu dalam penyelesaian masalah dengan cara yang ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Peserta didik pada Materi Baris dan Deret
(Universitas Islam Malang, 2022-10-13)Pada pembelajaran matematika, kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan penalaran mampu membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal open-ended dengan baik. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis matematis ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTs QITA Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-10-13)Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan peserta didik agar lebih mudah dalam menyelesaikan soal atau permasalahan yang berkaitan dengan matematika. Dalam pembelajaran matematika, salah satu hal yang berpengaruh ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Pada Materi Garis dan Sudut Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Kepanjen
(Universitas Islam Malang, 2022-10-12)Berpikir kritis adalah suatu proses yang melibatkan aktivitas mental dalam hal memecahkan masalah, mengevaluasi, menganalisis, hingga pengambilan keputusan. Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan suatu modal dasar atau ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif SFAE (Student Facilitator and Explaining) terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pokok Bahasan Segiempat Peserta Didik Kelas VII MTs Mambaul Falah Tahun Ajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2022-08-24)Para ahli menilai bahwa pendidikan matematika di Indonesia masih kurang maksimal. Indonesia ditempatkan pada peringkat 45 dari 50 negara oleh TIMSS pada 2015 dan dari 70 negara Indonesia berada diperingkat 63 menurut PISA ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Tingkat Pemahaman Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang motivasi belajar dan tingkat pemahaman peserta didik hal ini kurangnya minat peserta didik dalam belajar matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlunya pembaharuan ... -
Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Logis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Miftahul Ulum
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa terutama di SMP. Dalam pembelajaran matematika kemampuan penalaran merupakan suatu hal yang pokok dan penting, penalaran tidak ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Peer Lesson Berbantuan “Kahoot!” pada Materi Balok dan Kubus Kelas VIII SMP Plus Darussalam Lawang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa proses pembelajaran matematika yang sudah dilakukan di kelas VIII SMP Plus Darussalam Lawang masih berpusat pada pendidik tanpa melibatkan peserta didik secara aktif. Hal ... -
Profil Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif
(Universitas Islam Malang, 2022-08-19)Berpikir memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat karena setiap manusia selalu dihadapkan pada masalah yang membutuhkan solusi. Salah satunya adalah memecahkan masalah-masalah yang ada dalam matematika. Dalam ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau dari Persepsi Terhadap Mata Pelajaran Matematika
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika karena dengan kemampuan tersebut peserta didik mampu untuk menalar dan mengambil keputusan terbaik. Kemampuan berpikir kritis ...