UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 101-120 of 235
-
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Self-Esteem
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Maka dari itu, kemampuan pemecahan ... -
Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Easy Sketch Pro Terintegrasi Numerasi untuk Menunjang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Siswa Kelas XI
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Pengembangan video interaktif ini merupakan salah satu upaya yang ada untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep suatu materi, memecahkan masalah matematika, dan memahami materi dalam masalah kontekstual. Hasil analisis ... -
Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Soal-Soal HOTS berbantuan Software Articulate Storyline pada Materi Matriks Kelas XI
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran adalah hal yang sangat penting yang bisa dikatakan wajib ada karena media pembelajaran diperlukan guna untuk menunjang proses perkembangan kognitif peserta didik di ... -
Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis dan Linguistik dengan Pokok Bahasan Program Linear Dua Variabel pada Peserta Didik Kelas XI di Man Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2022-08-19)Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari melibatkan kecerdasan masing-masing ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skill) Ditinjau dari Gaya Belajar dan Karakteristik Cara Berpikir di SMP Islam Ma’arif 02 Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan representasi matematis ialah kemampuan seseorang dalam proses menjelaskan dan mengekspresikan suatu masalah matematis dalam wujud yang lain. Kemampuan representasi matematis sangat membantu peserta didik dalam ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Matematika pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Waru Pamekasan
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika karena kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk lebih membantu peserta didik memahami materi yang akan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Menggunakan Media Quizizz terhadap Kemamampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan minat belajar matematika yang rendah. Faktor tersebut didukung oleh hasil PISA tahun 2018 yang menunjukkan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII Materi Peluang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi atau komunikasi antara pendidik dan peserta didik serta lingkungan belajar, agar peserta didik memperoleh kemampuan dalam bidang matematika. Kemampuan dalam bidang matematika ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 MTs NU Menara
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik berbeda antara yang satu dengan yang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah gaya belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika MTs ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Concept pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP AL FATTAH Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-08-18)Komunikasi matematis adalah satu kompetensi dasar matematis yang sangat penting dalam matematika dan pendidikan matematika, dimana peserta didik dapat menyampaikan pendapat atau ide-ide matematika baik secara lisan maupun ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Relasi dan Fungsi
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Pemecahan masalah mengutamakan proses dan strategi yang dilakukan peserta didik dalam penyelesaian masalah daripada sekedar hasilnya. Di satu sisi pemecahan masalah matematika penting, namun di sisi lain peserta didik ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar pada Materi Aritmetika Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP ITCI Penajam Paser Utara
(Universitas Islam Malang, 2021-08-20)Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai dengan baik apabila peserta didik memiliki kemampuan komunikasi ... -
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking Materi Statistika Kelas VIII SMP Diponegoro Tumpang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-20)Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa peserta didik kelas VIII-C memiliki kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kritis yang masih rendah. Begitu juga berdasarkan wawancara dengan guru ... -
Efektivitas Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Resiliensi Matematis pada Materi Segiempat di SMP Islam Ma’arif 02 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-06)Kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMP Islam Ma’arif 02 Malang belum dikuasai dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara awal dengan guru matematika yang mengatakan bahwa peserta didik mengalami kesulitan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Peserta Didik Kelas VIII dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele
(Universitas Islam Malang, 2022-06-06)Kemampuan berpikir geometri merupakan suatu proses yang dilakukan oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi, kemudian dari informasi tersebut diselesaikan dengan mencari kesimpulannya untuk menyelesaikan masalah yang ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Teori Bruner pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Kemampuan berpikir reflektif sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pentingnya kemampuan berpikir reflektif adalah sebagai sarana peserta didik untuk mendorong pemikiran selama ... -
Pengembangan E-module Matematika Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Exelearning pada Materi Barisan untuk Membudayakan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)E-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning adalah bahan ajar matematika berbentuk modul elektronik dan dikemas dalam bentuk website serta pengerjaan e-module menggunakan aplikasi exelearning, ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Peserta Didik Kelas X MA Negeri 1 Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2022-07-21)Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan koneksi matematis akan membantu peserta didik untuk mengetahui hubungan berbagai konsep dalam ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Ditinjau dari Self Confidence pada Materi SPLDV Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Annuriyah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari hasil observasi, analisis, penalaran berpikir, dan penilaian sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan dan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas VIII-C SMP Diponegoro Tumpang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Penggunaan model dan media pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika harus bisa menjadikan peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Hal ini dikarenakan keaktifan peserta didik ini akan mempengaruhi ...