UT - Faculty of Islamic Studies: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 1744
-
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran PKn Kelas 5 MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-12-07)Pengajaran yang kurang bervariatif dapat menyebabkan siswa kurang berminat belajar dan mempengaruhi prestasi akademiknya. Karena memungkinkan analisis pemahaman siswa selama proses pembelajaran, maka hasil belajar ... -
Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-11-25)Model pembelajaran CTL adalah salah satu model pembelajaran yang lebih mengutamakan kerjasama, saling menunjang, menyenangkan, tidak membosankan, dengan sumber belajar yang nyata siswa dapat berfikir kritis, guru kreatif ... -
Praktik Taaruf Melalui Rumah Taaruf myQuran Prespektif Hukum Islam
(Universitas Islam Malang, 2024-09-23)Kebutuhan biologis merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus diperhatikan. Islam menetapkan bahwa pernikahan adalah satu-satunya jalan untuk memenuhi kebutuhan ini, yang juga bertujuan menjaga nasab dan ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Islam Almaarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2025-01-22)Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan kapabilitas agar dapat menyesuaikan diri dengan era modern. Pendidikan pun mengalami transformasi signifikan dengan adopsi ... -
Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas X di MAN 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2025-01-31)Kurikulum Merdeka bertujuan memberikan fleksibilitas pembelajaran untuk mengembangkan potensi, kreativitas, dan karakter siswa. Di MAN 2 Malang, penerapan pada mata pelajaran Fiqih melibatkan perencanaan modul ajar ... -
Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik
(Universitas Islam Malang, 2025-01-31)Kemampuan berpikir kritis adalah proses kognitif siswa dalam menganalisis secara sistematis dan spesifik masalah yang dihadapi. Kemampuan berpikir kritis memiliki peran yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. ... -
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Terhadap Siswa SDN Madyopuro 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2025-01-17)Prestasi belajar mencerminkan keterampilan yang diperoleh siswa sebagai hasil dari usaha dan proses belajar yang dilakukan. Prestasi ini menjadi indikator penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Oleh karena itu, seorang ... -
Studi Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat Dalam Membentuk Masyarakat Madani (Perbandingan Dan Relevansi Pemikiran Al-Farabi Dan John Dewey)
(Universitas Islam Malang, 2025-01-22)Pendidikan adalah proses pembentukan kepribadian dan kesadaran yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengarahkan generasi muda untuk mencapai tujuan hidup mereka dengan efektif melalui transformasi nilai ... -
Keterampilan Guru Dalam Pemberian Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN Merjosari 02
(Universitas Islam Malang, 2025-02-10)Keterampilan mengadakan variasi ialah keterampilan dasar yang dimiliki oleh guru untuk menjaga iklim pembelajaran yang menarik perhatian sehingga peserta didik aktif dan berpartisipasi dalam setiap langkah pembelajaran. ... -
Pemanfaatan Filter Tiktok Untuk Meningkatkan Pengetahuan Pramuka
(Universitas Islam Malang, 2025-02-11)TikTok merupakan salah satu platform yang sedang popular menawarkan format video singkat yang menarik bagi pengguna. TikTok adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk merekam video yang relatif pendek berdurasi 15 ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Afektif Siswa di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-11-22)Ranah afektif sangat penting untuk dipertahankan dan diterapkan oleh generasi muda saat ini, karena pada generasi milenial ini telah banyak orang-orang yang paham ilmu agama tetapi belum bisa mengamalkan ilmu-ilmunya dengan ... -
Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 MI Attaraqqie Putra Malang
(Universitas Islam Malang, 2025-01-22)MI Attaraqqie Putra Malang, banyak dijumpai karakteristik siswa yang menunjukkan keterampilan membaca dan menulis yang melebihi siswa setingkatannya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa siswa yang lebih memilih ... -
Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Sekolah di Mi Islamiyah Kebonsari Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-12-30)Kata kunci: Pembentukan Karakter Religius, Budaya Sekolah Di Indonesia gencarnya arus globalisasi sekarang dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Ironisnya bahwa ... -
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 MI Khadijah Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Model pembelajaran yang dilaksanakan tanpa adanya inovasi dan kreasi seorang guru adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan seorang guru yang lebih memilih menggunakan metode ... -
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Ubudiyah Untuk Membentuk Sikap Religius Siswa di MI Nurul Ulum Arjosari Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai -nilai moral, etika, dan perilaku positif pada individu. Melalui pendidikan karakter, seseorang diajarkan tentang pentingnya integritas, ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Strip Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V SD Islam Terpadu Iqro’ Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan adalah salah satu faktor utama yang harus ditingkatkan kualitasnya sepanjang waktu. Untuk meningkatkan pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ... -
Analisis Miskonsepsi Matematika Untuk Meminimalisir Kesalahan Berhitung Matematika Siswa Kelas V di MI Al Hidayah Sumberkreco, Sidomulyo, Kecamatan Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Matematika merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan untuk membangun kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama (Fajarsari dkk., 2023). Pembelajaran matematika adalah ... -
Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4-B MI Islamiyah Kebonsari Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Pendidikan karakter merupakan aspek yang sangat penting dalam pengembangan siswa secara holistik. Tujuan utama pendidikan karakter adalah membentuk sikap dan nilai-nilai positif pada siswa. Salah satu karakter yang penting ... -
Implementasi Pembelajaran IPAS Dalam Membentuk Karakter Kepedulian Terhadap Sesama di Lingkungan Sekolah Siswa Kelas 4 SDI Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Perkembangan karakter siswa, khususnya dalam kepedulian terhadap sesama di lingkungan sekolah, sangat dipengaruhi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Permasalahan lingkungan hidup di dunia global ... -
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV MI Hiyatus Sibyan Wonokoyo Kedungkandang Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-08-23)Seluruh upaya guru untuk menyediakan lingkungan belajar yang produktif dan menarik yang menginspirasi siswa untuk belajar sebaik mungkin kemampuan mereka secara kolektif disebut sebagai manajemen kelas. Guru bertanggung ...