UT - Faculty of Islamic Studies: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 1574
-
Implementasi Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MA An Nur Bululawang Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-20)Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MIA di MA An Nur Bululawang, pada proses pembelajaran masih bersifat konvensional, dimana guru lebih berperan aktif sementara siswa hanya sebagai pendengar. ... -
Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Atap Gunungsari Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2024-06-03)Pendidikan adalah proses perubahan yang terjadi pada perilaku sebagai akibat dari pembelajaran suatu hal, pengalaman dan latihan. Begitu pula pada pendidikan karakter dibicarakan di kalangan pendidik. Pendidikan karakter ... -
Problematika Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas VII di MTs Darun Najah Krangploso Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-29)Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka menghadirkan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan sebab kurikulum tersebut bersifat baru, dengan fokus pada pembelajaran intrakurikuler yang beragam untuk memperdalam ... -
Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 15 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-27)Membaca Al-Qur'an merupakan komponen penting dalam pendidikan karakter dan spiritualitas peserta didik. Pendidikan tidak hanya fokus pada pendidikan akademik, tetapi juga memperhatikan perkembangan spiritual dan nilai-nilai ... -
Pengaruh Metode Team Games Tournamnet Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Sunan Kalijogo Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Rendahnya hasil belajar siswa dan banyaknya yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah masalah serius dalam pendidikan. Hal ini disebabkan oleh strategi pembelajaran yang kurang menarik yang diterapkan ... -
Implementasi Kegiatan Ubudiyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual di MTs Nurul Mubtadiin Purwodadi Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2024-06-26)Berdasarkan fenomena saat ini banyak terjadi krisis spiritual pada diri anak maupun remaja, salah satu contohnya yaitu kurangnya menghormati orang yang lebih tua dan mengucapkan bahasa yang tidak sopan. Berdasarkan hal ... -
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMAN 2 Sape Kabupaten Bima)
(Universitas Islam Malang, 2024-06-30)Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan terkait kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. Masih banyak peserta didik yang belum mahir membaca Al-Qur’an dan disebabkan oleh motivasi orang tua yang kurang dari orang ... -
Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Talking stick terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Sunan Kalijogo Jabung
(Universitas Islam Malang, 2024-07-12)Ada masalah berat dalam pendidikan ketika hasil belajar siswa yang masih buruk dan sering tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Ini adalah hasil dari guru menggunakan teknik mengajar yang kurang menarik. Peneliti ... -
Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di Mts Al-Ittihad Belung Poncokusumo Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-26)Penelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat beberapa siswa yang menunjukan perilaku kurang terpuji. Sebagian siswa MTs Al-Ittihad ada yang kurang disiplin dan tidak tanggung jawab. Dari latar belakang penelitian ... -
Strategi Guru dalam Menerapkan Reward dan Punishment pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di MAN 2 Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Penelitian ini mengupas tentang strategi yang dilakukan guru dalam memberikan reward dan punishment dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada siswa di MAN 2 Kota Malang. Peneliti bertujuan untuk mengetahui ... -
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Alālā Karya Syekh Al-Zarnuji dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Adanya perbedaan pandangan dikalangan masyarakat terkait pembelajaran kitab-kitab karya Ulama di pondok pesantren maupun di lembaga sekolah, yang dianggap ketinggalan zaman dan kurang berperan dalam dunia pendidikan. ... -
Hubungan Gaya Belajar Kinestetik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hidayah Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2024-07-24)Tidak cukup kuatnya proses pembelajaran menjadi sebuah urgensi dalam keberlangsungan dunia pendidikan. Sebuah langkah yang di dalamnya terjadi sebuah interaksi antara murid kepada murid, murid kepada guru, murid dengan ... -
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kesetaraan Gender di SMA Islam Nusantara Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-18)Kesetaraan gender seringkali terlupakan dalam kehidupan sehari-hari, konstruksi sosial dan budaya menjadikan bias gender sebuah hal yang normal terjadi, tanpa menyadari bahwa hal tersebut berdampak buruk pada diri sendiri ... -
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa MTS Almaarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-05-22)Perkembangan kecerdasan emosional berperan penting terhadap kemampuan siswa untuk meningkatkan prestasi. Namun, perkembangan kecerdasan emosional pada siswa MTs belum optimal dan terarah sesuai nilai-nilai dalam Agama ... -
Implementasi Program Imtaq dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Sikap disiplin sangatlah penting bagi siswa agar bisa mencapai hasil belajar secara optimal serta siswa dapat mendalami pendidikan religius, sehingga dapat menumbuhkan sikap yang baik, jujur, tanggung jawab, amanah, suportif ... -
Implementasi Nilai Toleransi pada Peserta Didik di Satriyala School Selatan Thailand
(Universitas Islam Malang, 2024-07-19)Satriyala School merupakan salah satu sekolah pemerintah yang ada di Selatan Thailand. Satriyala School adalah sekolah umum yang menerapkan sistem pembelajaran dengan mengacu pada pedoman Kurikulum Inti Pendidikan Dasar ... -
Peran Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK Shifa’ Kalipare Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-23)Dalam konteks ini, peran kompetensi sosial dan kepribadian guru PAI menjadi hal yang sangat relevan untuk diteliti. Kompetensi sosial guru PAI di SMK Shifa’ Kalipare melibatkan kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa ... -
Peran Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-03)Peneliti melaksanakan observasi mengenai peran sekolah dalam pembentukan karakter religius, dalam hal ini yang menjadi lokasi penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti berada di SMKN 4 MALANG, ketika peneliti melaksanakan ... -
Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan (Ecopedagogy) di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Sekolah Dasar Islam (SDI) Bani Hasyim Singosari merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan Islam dengan pendidikan lingkungan. Dikarenakan masalah lingkungan dan perilaku manusia sangat erat ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satu Atap Pesanggrahan 02 Batu
(Universitas Islam Malang, 2024-06-03)Model pembelajaran memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan menangkap pelajaran oleh siswa dapat dipengaruhi dari pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran yang ...