UT - Faculty of Teacher Training and Education: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 1077
-
Pengembangan Buku Teks Menulis Kreatif Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 01 Batu
(Universitas Islam Malang, 2024-08-01)Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen ... -
Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Memanfaatkan Media Podcast (Siniar) Spotify di SMP NU Hasannudin Tirtoyudo
(Universitas Islam Malang, 2024-08-20)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan atau keterampilan menulis yang menjadi salah satu kompetensi penting pada kurikulum merdeka terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan kreativitas peserta ... -
Penerapan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Diagram Statistika Peserta Didik Kelas VII SMPN 17 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas VII-A SMPN 17 Malang tahun ajaran yaitu rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Faktor penyebabnya yaitu model pembelajaran konvensional yang ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep melalui Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Wordwall pada Materi Statistika Kelas VII MTs Roudlotul Ulum Pagak
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemahaman konsep peserta didik MTs Roudlatul Ulum Pagak. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor yaitu: kurangnya minat dan motivasi dalam belajar, kurangnya peran aktif peserta ... -
Efektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum mampu untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya pemahaman konsep dan gaya kognitif siswa. Berdasarkan permasalahan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Kelas VIII A MTs Bahrul Maghfiroh Malang Tahun Ajaran 2023-2024
(Universitas Islam Malang, 2024-08-01)Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena melalui kemampuan pemahaman konsep peserta didik mampu menyelesaikan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Analogical Reasoning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Bahrul Maghfiroh Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Kemampuan analogical reasoning merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika guna membentuk perspektif dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengaitkan dengan kehidupan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Data dan Diagram Kelas VII SMPN 17 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam menunjang keberhasilan belajar peserta didik dan dapat membantu peserta didik memperdalam pemahaman tentang materi matematika selama pembelajaran. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTs Al Maarif 01 Singosari Tahun Ajaran 2023/ 2024
(Universitas Islam Malang, 2024-08-07)Pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa karena pemecahan masalah merupakan tujuan suatu pembelajaran matematika. Berdasarkan masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika kelas VIII – C MTs ... -
Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) Berbantuan Spinner untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Sajian dan Tafsiran Data Peserta Didik Kelas VII MTs Al Maarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam kegiatan pembelajaran matematika agar peserta didik mendapatkan solusi permasalahan matematika yang diiginkan dengan mengeluarkan pendapatnya ataupun bertukar pendapat ... -
Efektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) Berbasis Video Pembelajaran terhadap Literasi Matematis Peserta Didik pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Literasi matematis memainkan peran penting dalam membantu peserta didik memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak peserta didik memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah. Hal ini ditunjukkan ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Tpack Materi Persamaan Garis Lurus pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Nusantara Pronojiwo
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Penelitian ini didasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Nusantara Pronojiwo. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya peserta didik hanya dapat menghafal rumus tanpa ... -
Pengaruh Penerapan Model WEE (Wondering, Exploring, And Explaining) dengan Bantuan Media Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMKN 13 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Pemahaman konsep adalah elemen kunci dalam pembelajaran matematika. Namun, hasil observasi di SMKN 13 Malang mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi trigonometri hanya mencapai ... -
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Fungsi untuk Meningkat Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MA Roudlotul Ulum Pagak Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Pembelajaran matematika merupakan proses pembelajaran yang tidak terpisahkan dari dua jenis kegiatan yaitu belajar dan mengajar, dimana kedua bidang ini bekerja sama secara terpadu menjadi kegiatan berupa interaksi antara ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2024-07-31)Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah salah satu cara guna meningkatkan pemahaman peserta didik pada suatu materi dan konsep matematika, memecahkan berbagai masalah matematika, dan memahami ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Rasio Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kecakapan kognitif yang harus dimiliki oleh peserta didik sehingga diperlukan pembiasaan diri dalam melakukan penyelesaian persoalan matematika melalui masalah kehidupan sehari-hari. ... -
Pengaruh Habits of Mind Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Matematika menjadi mata pelajaran yang mempunyai peranan yang sangat penting di sekolah. Dalam proses pembelajaran matematika diperlukannya beberapa soft skill dan hard skill yang harus dicapai. Kemampuan pemahaman matematis ... -
Pelanggaran Prinsip Kooperatif dan Kesantunan dalam Acara Roasting di Lapor Pak Trans7 Episode Politisi
(Universitas Islam Malang, 2024-07-11)Pelanggaran prinsip kooperatif dan kesantunan ini dilakukan pada setiap penutur maupun mitra tutur saat sedang berbicara. Cara ini dilakukan penutur dan mitra tutur untuk bisa menjelaskan maksud suatu informasi dengan lebih ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Flip Flap Book Series pada Materi Teks Puisi Rakyat untuk Mendukung Minat Tulis Peserta Didik Kelas VII SMP An Nashr Kecamatan Wajak
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pemilihan media pembelajaran perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII SMP An Nashr Kecamatan Wajak ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan Teknik Drill and Practice pada Siswa Kelas 9 di MTs Darus Sholichin Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-06-10)Dalam pembelajaran bahasa inodensia di sekolah, ada empat kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Empat dasar kemampuan tersebut meliputi kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat kemampuan dasar ...