UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 235
-
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X E SMA Negeri 1 Arjasa
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X E SMA Negeri 1 Arjasa karena peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru, sehingga ketika diberikan latihan ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Belajar matematika mendorong peserta didik mengembangkan pemikiran kritis, logis, dan kreatif sehingga mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari maupun di konteks akademis. Untuk membangkitkan keahlian ... -
Pengaruh Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) terhadap Kermampuan Pemahaman Konsep dan Permecahan Masalah Materi Statistika Kelas 8 SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2024-07-25)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik, khususnya pada materi statistika. Faktor yang mendasari hal ini yaitu, kegiatan belajar peserta didik ... -
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII dengan Aplikasi Publuu Flipbook-Canva Apps
(Universitas Islam Malang, 2024-07-30)Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar interaktif berbasis flipbook dengan memanfaatkan aplikasi Publuu dan Canva, yang dirancang khusus untuk materi sistem persamaan linier dua variabel bagi siswa kelas ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik pada Materi Peluang Kelas VIII MTs Roudlotul Ulum Pagak
(Universitas Islam Malang, 2024-06-11)Matematika dan penalaran merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Karena materi matematika dipahami melalui penalaran dan kemampuan penalaran dapat dikembangkan dengan belajar matematika. Oleh karena itu, kemampuan penalaran ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Wordwall untuk Peserta Didik Kelas IX pada Materi Aljabar
(Universitas Islam Malang, 2024-05-03)Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran semakin hari semakin dibutuhkan. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilakukan di MTS Al Ma’arif Singosari, guru menyatakan bahwa penggunaan teknologi dibutuhkan dengan ... -
Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Materi Relasi dan Fungsi untuk Menunjang Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2024-06-14)Pada pembelajaran matematika, pemilihan bahan ajar atau media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika kelas VIII MTs Islamiyah Sukopuro dan SMP Plus Darussalam ... -
Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Izzah Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Pelajaran Matematika merupakan merupakan salah cabang ilmu yang dinilai dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga matematika memiliki peran sangat penting dalam upaya ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence pada Materi Kubus dan Balok Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hdayatul Mubtadi`in Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-07-16)Kemampuan untuk mengidentifikasi unsur yang diketahui, ditanyakan,dan mampu menyusun model matematika merupakan kemampuan pemecahan masalah matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah ... -
Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self-Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2024-06-14)Matematika memegang peran penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik menjadi perhatian yang cukup serius dalam pendidikan di ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Windows Shopping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri pada Materi Jumlah dan Selisih Sudut Trigonometri Kelas XI MAN Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2024-06-15)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum mampu untuk menyelesaikan masalah matematika dan kurang adanya kepercayaan diri siswa atas kemampuannya. Hal ini dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Example Non Example pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo
(Universitas Islam Malang, 2024-04-03)Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik yang rendah, khususnya pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII SMP
(Universitas Islam Malang, 2024-04-03)Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di SMP Negeri 3 Jatirogo diketahui masalah pada rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik, guru mengatakan berdasarkan penilaian tengah semester (PTS) ... -
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Critical Thinking dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 2 Tirtoyudo
(Universitas Islam Malang, 2024-03-01)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya kemampuan critical thinking dan pemecahan masalah peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan analisis pendahuluan yang telah dilakukan terhadap guru ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 3 Kepanjen
(Universitas Islam Malang, 2024-03-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi matematis diperlukan untuk menyampaikan gagasan matematis secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi matematis dapat ditingkatkan apabila peserta didik belajar ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Berdasarkan Gender pada Materi Barisan Aritmetika di SMK IT Asy-Syadzili Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-02-20)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini didasari dengan adanya kelas di SMK IT Asy-Syadzili Malang yang dibedakan ... -
Penerapan Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII A SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2023/2024
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Dalam pembelajaran matematika, tentunya banyak permasalahan yang dialami baik oleh pendidik maupun peserta didik. Peneliti mengamati bahwa di SMP Wahid Hasyim Kelas VII A ada beberapa kegiatan pembelajaran yang mengalami ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs
(Universitas Islam Malang, 2024-03-04)Pemahaman konsep merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika agar dapat tercapai tujuan pembelajaran. Konsep dalam matematika saling berkaitan yang akan membantu peserta didik ... -
Pengembangan E-LKPD Interaktif dengan Live Worksheets Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Peluang Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2024-01-10)Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matmatika SMP Islam Hidayatul Mubtadiin, guru setuju dalam pembelajaran matematika hanya menggunakan bahan ajar cetak dan tidak menyusun bahan ajar sendiri ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 8 Malang pada Materi Dimensi Tiga
(Universitas Islam Malang, 2024-01-20)Dalam pendidikan pasti didalamnya ada pembelajaran, pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar. Salah satu pembelajaran disekolah ialah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika salah ...